Gubernur Tawarkan Unihaz Rancang Program Kemaritiman

 

UNIHAZ BENGKULU – Fokus sektor program Agro Kemaritiman yang menjadi target utama Gubernur Bengkulu Dr. H. Ridwan Mukti, MH dalam mensejahterakan masyarakat Provinsi Bengkulu perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk saat ini pantai pesisir Bengkulu sudah menyediakan kekayaan yang lebih untuk masyarakat Bengkulu, akan tetapi SDM dan tenaga ahli dalam mengelola hasil kekayaan laut belum memadai.

Sementara itu Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH. Bengkulu sebagai perguruan tinggi pertama di Provinsi Bengkulu ingin bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam memanfaatkan hasil laut Bengkulu. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya kegiatan Simposium Nasional Perikanan, pulau-pulau kecil, dan kerumbu karang oleh Unihaz tanggal 23 Mei 2017 di kampus Unihaz. Pada kegiatan ini Unihaz menghadirkan langsung Prof. DR. Ir. Sulistiyono, M.Sc dari Masyarakat Iptiology Indonesia (MII). Bukan hanya itu, Unihaz juga menghadirkan Peneliti Senior Pada Pusat Penelitian Biologi-LIPI Bogor, Renny K Hardiaty, D.Sc, dan Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang, Ir. Ikram Malan Sangaji, M.Si.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan simposium, Gubernur menawarkan Unihaz untuk merancang program kemaritiman yang selama ini digadangkan dapat mengatasi angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu. Menurut Gubernur Dr. H. Ridwan Mukti, MH perlu adanya pelopor yang siap mensukseskan program kemaritiman ini. Cita-cita besar Pemerintahan Provinsi Bengkulu untuk fokus mengembangkan program kemaritiman ini belum ada teman untuk melaksanakannya. Kita sangat mengapresiasikan kegiatan yang digelar Unihaz ini, melalui kegiatan ini kita ingin menawarkan Unihaz untuk merancang program-program kemaritiman. Perlu ada perubahan yang diberikan terhadap para nelayan kita, melalui perkembangan ilmu-ilmu dan teknologi.

Sementara itu Rektor Unihaz, Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si menyanggupi tawaran yang diberikan oleh gubernur tersebut. Menurutnya Unihaz sangat siap dalam progres pengembangan Kemaritiman, sesuai dengan adanya Program Studi Budidaya Perairan/Akuakultur yang terdapat di Fakultas Pertanian Unihaz. Kita sangat siap menerima tawaran yang disampaikan Gubernur. Kita akan mencoba pelakukan rancangan-rancangan program perencanaannya. Ini sangat menunjang sekali, mengingat Unihaz memiliki Program Studi Budidaya Perairan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.