Profile Program Studi

Gelar & Strata

S.Pd. (Sarjana Pendidikan). – Sarjana (S1)

SK & Sertifikat Akreditasi

SK Akreditasi (BAN-PT)

Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI

Program Studi Pendidikan Geografi jenjang Strata satu (S1) didirikan tahun1984 dibawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Prof.Dr.Hazairin,SH (UNIHAZ) Bengkulu. Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Geografi saat ini adalah A dengan Keputusan BAN PT Nomor : 3728/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2020 tanggal 30 Juni 2020 dan akan berlaku sampai 30 Juni 2025. Program Studi Pendidikan Geografi merupakan lembaga pendidikan yang memfokuskan diri pada penyediaan tenaga pendidik geografi yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi Profesional, Sosial dan kompetensi Kepribadian, sesuai dengan salah satu rumusan yang terdapapat pada visi dan misi program studi. Program Studi Pendidikan Geografi berorientasi pada peningkatan penguasaan ilmu geografi yang meliputi : geografi fisik, geografi manusia , dan geografi teknik . Gabungan antara peningkatan wawasan keilmuan geografi ditambah dengan aspek pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan geografi sehingga dapat menghasilkan lulusan sarjana pendidikan geografi yang berkualitas.

VISI

Menjadi Program studi yang inovatif dalam mengembangkan Pendidikan Geografi untuk menghasilkan lulusan berkarakter dan memiliki daya saing tahun 2025.

MISI
  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran yang inovatif dalam pembelajaran geografi yang berbasis teknologi informasi (TI).
  2. Membentuk karakter lulusan geografi yang berlandaskan kepada tri dharma perguruan tinggi dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan karakteristik keilmuan geografi.
  3. Memiliki daya saing dibidang geografi dengan membangun kemitraan dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta dalam rangka meningkatkan mutu lulusan.
  4. Aktif dalam menanggapi wilayah kebencanaan dengan mendukung kearifan local
TUJUAN
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan dengan kompetensi pendidikan geografi yang professional
  2. Menyebarluaskan hasil kajian penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan karakteristik keilmuan geografi melalui teknologi informasi.
  3. Terciptanya jalinan kerjasama yang baik (networking) dengan intansi pemerintah,swasta atau lembaga lain yang terkait guna meningkatkan mutu lulusan.
  4. Menjadi bagian dalam menanggapi wilayah kebencanaan
Profil lulusan

Program Studi Pendidikan Geografi akan memberukan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan dunia pendidikan baik pada lingkup regional local daerah maupun nasional , Kontribusi dalam menghasilkan lulusan yang akan berprofesi, antara lain :

  1. Guru Geografi yang memiliki kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial
  2. Peneliti dan akademisi bidang pendidikan geografi
  3. Menjadi surveyor dalam pemetaan wilayah
  4. Menjadi instruktur mitigasi bencana
  5. Pengembang Teknologi Media Pembelajaran Geografi
  6. Menjadi wirausaha sesuai dengan bidang pendidkan geografi
Kompetensi

Program Studi Pendidikan Geografi menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi  di bidang :

  1. Guru geografi yang mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran geografi. Dan menguasai aplikasi teknologi informasi yang inovatif untuk kebutuhan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Peneliti dan akademisi bidang pendidikan geografi yang mampu merancang, mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan mengkomunikasikan data dan informasi geografis dengan sikap penuh tanggung jawab, berahlak mulia, komunikatif, kolaboratif, peduli lingkungan dan cinta tanah air.
  3. Surveyor dalam pemetaan wilayah, mampu merancang, mengumpulkan, menganalisis data sumberdaya wilayah secara efektif dan efisien untuk mendukung pembengunan yang berkelanjutan.
  4. Instruktur mitigasi bencana, yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi materi mitigasi bencana baik di persekolahan maupun di masyarakat dengan sikap penuh tanggung jawab, berahlak mulia, komunikatif, kolaboratif, peduli lingkungan dan cinta tanah air.
  5. Pengembang Teknologi Media Pembelajaran Geografi, yan mampu merancang, memproduksi, memanfaatkan dan mengevaluasi teknologi media pembelajaran geografi
  6. Wirausaha dibidang jasa maupun produksi  dan konsultan  yang berhubungan dengan bidang kajian pendidikan geografi.
Pengajar

Pengajar terdiri dari dosen tetap Yayasan, Doaen Pegawai Negeri Sipil diperbantukan (PNSD)LLDikti Wilayah II, dosen tamu dari perguruan tnggi mitra antara lain Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Malang, Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Semarang (UNS). Praktisi yang berasal dari dinas dan Intansi Sekolah, BKBBN, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Pusat Statistik (BPS) Bengkulu . Alumni dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Jumlah dosen tetap 14 orang , yang sudah berpendidikan S3 (doctor) 3 orang, berpendidikan S2 (Magister) 9 orang dan yang sedang menyelesaikan program doktor 2 orang.

Fasilitas Pendukung

Program Studi Pendidikan Geografi memiliki fasilias pendukung meliputi : Laboratorium Fisik dan Sosial, Laboratorium SIG dan PJ, dan Laboratorium Micro Teaching. Keberadaan fasilitas tersebut berkontribusi meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan Program Studi Pendidikan Geografi.