Profile Program Studi

Gelar & Strata

S.Pd. (Sarjana Pendidikan). – Sarjana (S1)

SK & Sertifikat Akreditasi

SK Akreditasi (BAN-PT)

Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI

Fakultas Hukum berdiri 1984 menyelenggarakan pendidikan S1 Ilmu Hukum guna menyiapkan peserta didik atau mahasiswa menjadi sarjana Ilmu Hukum yang cakap, terampil, dan mampu menganalisa serta menyusun strategi untuk memecahkan problematika hukum yang berkembang dalam masyarakat. Visinya menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang memiliki Keunggulan dalam Mengembangkan Ilmu Hukum Berbasis Nilai-Nilai Religius dan Kearifan Lokal. Salah satu misi adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam memahami hukum yang berbasis nilai-nilai religius dan kearifan lokal. Lulusan berhak menyandang gelar Sarjana Hukum (S.H.).

Menjadi program studi yang inovatif dalam mengembangkan Pendidikan Geografi tahun 2025.

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang mendukung pencapaian kompetensi guru geografi yang berbasis Teknologi Informatika (TI).
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan karateristik keilmuan geografi.
  3. Membangun kemitraan dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta dalam rangka meningkatkan mutu lulusan.
  4. Aktif dalam menanggapi wilayah kebencanaan dengan mendukung kearifan lokal.
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan dengan kompetensi pendidikan geografi yang professional.
  2. Menyebarluaskan hasil kajian penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan karakteristik keilmuan geografi melalui teknologi informasi.
  3. Terciptanya jalinan kerja sama yang baik (networking) dengan instansi pemerintah, swasta, atau lembaga lain yang terkait guna meningkatkan mutu lulusan.
  4. Menjadi bagian dalam menanggapi wilayah kebencanaan.

Program Studi pendidikan Geografi akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan dunia pendidikan baik pada lingkup lokal daerah maupun nasional. Kontribusi dalam menghasilkan lulusan yang akan berprofesi antara lain:

  1. Menjadi guru Geografi pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA dengan kemampuan yang baik untuk merencanakan (perangkat pengajaran dan RPP), mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
  2. Menjadi surveyor dalam pemetaan wilayah.
  3. Menjadi instruktur mitigasi bencana.
  4. Menjadi wirausaha sesuai dengan bidang Pendidikan Geografi.

Program Studi Akuntansi menghasilkan lulusan yang ahli di bidang:

  1. Auditing (auditor internal dan eksternal).
  2. Keuangan (accounting sektor pemerintahan maupun swasta).
  3. Perpajakan (konsultan pajak dan ahli pajak).

Pengajar terdiri dari dosen tetap Yayasan, Negeri, dosen tamu dan praktisi yaitu hakim, jaksa dan advokat, alumni dari berbagai perguruan tinggi dalam dan Luar Negari. Jumlah Dosen tetap 14 orang yang rata-rata sudah berpendidikan S2, 3 berpendidikan doktor dan 1 dosen sedang melanjutkan pendidikan S3.