Profile Program Studi

Gelar & Strata

S.E. (Sarjana Ekonomi). – Sarjana (S1)

SK & Sertifikat Akreditasi

SK Akreditasi (BAN-PT)

Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)

PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Kebutuhan tenaga akuntan semakin tinggi seiring dengan meningkatnya sektor bisnis. Lulusan yang berkualitas semakin dibutuhkan untuk memenangkan kompetisi dimasa mendatang. Program Studi Akuntansi merupakan salah satu program studi yang berupaya menjawab kebutuhan dan perkembangan zaman tersebut. Hal ini tercermin dengan dikembangkannya kurikulum akuntansi berbasis kompetensi yang menekankan pada akuntansi keuangan, akuntansi sektor publik, akuntansi syariah, dan enterprenership (kewirausahaan). Lulusan bergelar Sarjana Ekonomi (SE).

Menjadi Program Studi yang unggul dan bermoral dalam menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Akuntansi serta dapat bersaing di tingkat regional dan nasional pada tahun 2027.

  1. Menyelanggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis Kompetensi sesuai dengan tuntutan Era Globalisasi yang berlandaskan pada Iman dan IPTEK.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan masyarakat.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan daya saing lulusan yang relevan dalam rangka implementasi ilmu Akuntansi dan berperan aktif mendukung kebijakan pada sektor pemerintah dan swasta.
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas/kepribadian tinggi yang bersumber pada Ilmu Akuntansi berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, professional, akuntabel, dan relevan dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan Swasta.
  3. Mampu bekerjasama dengan stakeholders untuk mendukung kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Mampu menerapkan ilmu Akuntansi dan praktek dibidang profesi akuntansi serta pengabdian kepada masyarakat.
  1. Menghasilkan Sarjana Ekonomi Akuntansi yang berkepribadian serta berkesadaran bernegara dan bermasyarakat sesuai Pancasila.
  2. Mampu menguasai dasar-dasar metodologi ilmu sehingga mampu mengembangkan bidang akuntansi.
  3. Mampu menemukan, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah akuntansi.
  4. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang akuntansi.
  5. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sosial terutama akuntansi.
  6. Mampu melakukan pengabdian pada masyarakat berdasarkan hasil penelitian.
  7. Tanggap terhadap masalah-masalah etika dan tanggung jawab sosial.

Program Studi Akuntansi menghasilkan lulusan yang ahli di bidang:

  1. Auditing (auditor internal dan eksternal).
  2. Keuangan (accounting sektor pemerintahan maupun swasta).
  3. Perpajakan (konsultan pajak dan ahli pajak).

Pengajar terdiri dari dosen tetap Yayasan, Negeri, dosen tamu dan praktisi yaitu hakim, jaksa dan advokat, alumni dari berbagai perguruan tinggi dalam dan Luar Negari. Jumlah Dosen tetap 13 orang yang rata-rata sudah berpendidikan S2, 2 berpendidikan doktor dan 1 diantaranya sedang studi lanjut S3.

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas seperti ruang kuliah  dengan LCD dan fasilitas audio visual, perpustakaan, masjid, koperasi, kantin, ruang parkir, lapangan olahraga,  apotek, dan area wifi. Selain itu, juga tersedia laboratorium dan ATM Center. Laboratorium sebagai tempat mahasiswa untuk praktek pengolahan data, dilengkapi 30 unit komputer, AC, dan LCD.