Profile Program Studi

Gelar & Strata

S.H. (Sarjana Hukum). – Sarjana (S1)

SK & Sertifikat Akreditasi

SK Akreditasi (BAN-PT)

Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)

PROGRAM STUDI HUKUM

Fakultas Hukum berdiri 1984 menyelenggarakan pendidikan S1 Ilmu Hukum guna menyiapkan peserta didik atau mahasiswa menjadi sarjana Ilmu Hukum yang cakap, terampil, dan mampu menganalisa serta menyusun strategi untuk memecahkan problematika hukum yang berkembang dalam masyarakat. Visinya menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang memiliki Keunggulan dalam Mengembangkan Ilmu Hukum Berbasis Nilai-Nilai Religius dan Kearifan Lokal. Salah satu misi adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam memahami hukum yang berbasis nilai-nilai religius dan kearifan lokal. Lulusan berhak menyandang gelar Sarjana Hukum (S.H.).

Memiliki Keunggulan dalam Mengembangkan Ilmu Hukum Berbasis Nilai-Nilai Religius dan Kearifan Lokal

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam memahami hukum yang berbasis nilai-nilai religius dan kearifan lokal.
  2. Mengembangkan ilmu hukum berbasis nilai religius dan kearifan lokal melalui kegiatan penelitian dan pengkajian serta menyebarluaskan hasil-hasilnya kepada publik.
  3. Memberikan kontribusi dalam memecahkan persoalan hukum yang dihadapi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai Ilmu Hukum melalui kegiatan pengajaran berbasis nilai-nilai nilai-nilai religius dan kearifan lokal.
  2. Menghasilkan karya penelitian untuk membangun konsep pemecahan permasalahan hukum di tengah masyarakat dalam pembangunan nasional dan daerah.
  3. Memberikan kontribusi dalam pembangunan yang berkeadilan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Memiliki keahlian dalam pelaksanaan dan penegak hukum diantaranya sebagai:

  • Advokat
  • Hakim
  • Jaksa
  • Polisi

Memiliki keahlian dalam menyelesai perkara di luar Pengadilan diantaranya sebagai:

  • Mediator
  • Arbiter
  • Konsultan Hukum
  • Negosiator
  • Konsiliator

Memiliki keahlian dalam melakukan penelitian dan penulisan di bidang hukum diantaranya sebagai:

  • Peneliti
  • Aktivis Hukum

Pengajar terdiri dari dosen tetap Yayasan, Negeri, dosen tamu dan praktisi yaitu hakim, jaksa dan advokat, alumni dari berbagai perguruan tinggi dalam dan Luar Negari. Jumlah Dosen tetap 15 orang yang rata-rata sudah berpendidikan S2, 2 berpendidikan doktor dan 1 diantaranya sedang studi lanjut S3.

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas diantaranya ruang kuliah dengan LCD dan sarana audio visual, perpustakaan, masjid, kantin, ruang parkir, dan area WiFi. Selain itu, terdapat laboratorium hukum, Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) yang melayani advokasi dan pendampingan kasus perdata maupun pidana, konsultasi hukum, pembuatan legal opinion, legal drafting, konsultasi kebijakan, pelatihan hukum, penyuluhan-penyuluhan hukum, dan penelitian, Pusat Studi Konstitusi dan Demokrasi (PSKD), Ruang Peradilan Semu serta Perpustakaan khusus Prodi.