Profile Program Studi

Gelar & Strata

S.Kom. (Sarjana Komputer). – Sarjana (S1)

SK & Sertifikat Akreditasi

SK Akreditasi (BAN-PT)

Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)

PROGRAM STUDI INFORMATIKA

Program Studi Informatika atau Informatics didirikan pada 31 Januari 2020 berdasarkan terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 126/M/2020 tentang Izin pembukaan Program Studi Informatika program sarjana pada Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH. Program Studi Informatika Unihaz menekankan pada penguasaan kompetensi dalam bidang pengembangan perangkat lunak (software enginering), perangkat keras (hardware), networking, programming dan big data, untuk meningkatkan penerapan otomasi di berbagai bidang seperti industri, bisnis, perkantoran dan pengembangan iptek, Mereka yang menekuni bidang ilmu ini akan dibekali dengan pengetahuan teori hingga praktik terkait rancang bangun aplikasi serta meningkatkan sistem berdasarkan penilaian kuantitatif dan kualitatif, serta kegunaan dan kinerjanya. Mereka juga harus dapat mengkomunikasikan solusi mereka kepada orang lain. Lulusan berhak menyandang gelar Sarjana Komputer (S.Kom.).

Program Studi Informatika Unihaz telah melakukan penyesuaian sarana dan prasarana pembelajaran dalam hal teknologi informasi, internet, dan komputerisasi. Program Studi Informatika Unihaz telah menyelenggarakan sistem perkuliahan jarak jauh berbasis teknologi informasi yang juga disebut online learning (Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan). Kombinasi perkuliahan tatap muka dan berbasis teknologi diharapkan dapat menjadi solusi terhadap permasalahan pendidikan saat ini. Selain itu, penyesuaian kurikulum yang bersinergi dengan kemajuan zaman telah diterapkan oleh Program studi informatika dengan berfokus pada dalam menciptakan lulusan yang siap menghadapi Society 5.0.

Visi

Menjadi Program Studi Informatika yang unggul berfokus pada pengembangan perangkat lunak untuk industri kreatif, berjiwa wirausaha dan memiliki daya saing yang diakui secara nasional

Misi

Untuk mewujudkan cita-cita Program Studi S1 Informatika sebagaimana dinyatakan dalam visi program studi dan untuk mendukung pencapaian visi dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dan dunia industri:

  1. Mendidik mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan praktik dasar dan maju dalam pengembangan perangkat lunak khusus dalam teknologi basis data, sistem cerdas, jaringan komputer atau multimedia dan pengembangan game dengan menyediakan lingkungan belajar yang sangat baik dan mempromosikan penelitian dan kolaborasi dengan industri;
  2. Mengembangkan dan mewujudkan penelitian, kerjasama dan menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat secara berkelanjutan dalam hal pembangunan masyarakat dan industri.
  3. Mendorong dan mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional TIK yang cerdas dan baik agar mampu berkreasi dan memberi nilai tambah di bidang informatika dengan menciptakan lingkungan yang sesuai agar mampu bersaing di tingkat global;
  4. Menyelenggarakan sistem tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan berkeadilan dengandukungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Tujuan

Berpijak pada visi dan misi di atas, tujuan yang ingin dicapai Program Studi Informatika dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah:

  1. Dihasilkannya lulusan yang mandiri, kreatif, inovatif dan kompetitif serta mampu bersaing di pasar kerja dengan kemampuan yang unggul pada perangkat lunak khusus dalam teknologi basis data, sistem cerdas, jaringan komputer atau multimedia dan pengembangan game yang mampu menciptakan lapangan kerja.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian terapan dibidang perangkat lunak khusus dalam teknologi basis data, sistem cerdas, jaringan komputer atau multimedia dan pengembangan game dan menyebarluaskan melalui publikasi ilmiah;
  3. Meningkatnya kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan dunia kerja dan industri.
  4. Mewujudkan program studi dengan tatakelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan berkeadilan serta memiliki kepekaan terhadap perubahan dengan dukungan layanan berkualitas berbasis teknologi Informasi.
Profil Lulusan

Lulusan program studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH (Unihaz) lebih ditekankan pada penguasaan kompetensi dalam bidang pengembangan perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), networking, programming dan manajemen basis data. Mereka yang menekuni bidang ilmu ini akan dibekali dengan pengetahuan teori hingga praktik terkait rancang bangun aplikasi serta meningkatkan sistem berdasarkan penilaian kuantitatif dan kualitatif dari fungsionalitas, kegunaan dan kinerjanya. Mereka juga harus dapat mengkomunikasikan solusi mereka kepada orang lain, termasuk mengapa dan bagaimana solusi memecahkan masalah dan asumsi apa yang dibuat. Lulusan program studi Informatika Unihaz hadir untuk memenuhi tuntutan stakeholder. Berdasarkan penguasaan kompetensi utama, pendukung dan kompetensi lainnya, serta konteks kerja lulusan, maka profil lulusan program studi Informatika Unihaz dirumuskan sebagai berikut:

Software Engineer Seorang profesional pengembang perangkat lunak  (Web Application, Mobile Application, dan Game Aplication, dll)   yang mampu beroperasi pada berbagai platform sesuai dengan kebutuhan dengan menerapkan prinsip-prinsip, metode, teknik serta algoritma untuk medesain, mengembangkan dan menguji perangkat lunak komputer (software).
Data Scientist Seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan sejumlah besar data dengan tujuan menghasilkan informasi untuk dapat membantu bisnis dan organisasi dalam pengambilan keputusannya.
System Analyst Seorang profesional yang bertanggung jawab memberikan solusi penyelesaian permasalahan bisnis dengan mendefinisakan dengan cara menganalisi masalah sistem, merancang, menguji dan memberikan solusi dengan menerapkan metode, teknik dan teknologi informasi untuk mendukung dan tercapainya tujuan bisnis dan organisasi.
Database Specialist Seorang profesional yang bertanggung jawab merancang, memprogram, mengamankan, memelihara, dan mengintegrasikan, memastikan sistem berjalan efisien dan meningkatkan kinerja sistem basisdata dengan menerapkan metode, teknik serta teknologi untuk kebutuhan bisnis dan organisasi dengan memanfaatkan Database Management System (DBMS) (Oracle, MSQL Server, MySQL, Postgre, dll).
Network Engineer Seorang profesional yang merancang, mengembangkan, serta bertanggung jawab mengelola dan memelihara sistem jaringan komputer (intranet, extranet, LAN dan WAN ) untuk kebutuhan bisnis dan organisasi dengan menerapkan metode, teknik, teknologi, infrastruktur, dan tools (hardware/software)  jaringan komputer (CISCO, MIKROTIK,  Linux, Windows, dll.).