Profile Program Studi

Gelar & Strata

S.Pd. (Sarjana Pendidikan). – Sarjana (S1)

SK & Sertifikat Akreditasi

SK Akreditasi (BAN-PT)

Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diselenggarakan berdasarkan Izin Penyelenggaraan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dituangkan dalam Surat Keputusan Nomor : 122/E/O/2014 Tanggal 23 Mei 2014. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah terakreditasi berdasarkan SK BAN PT No. 1772/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017. Lulusan berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang Semarak, Religius, dan Unggul dalam Menghasilkan Lulusan yang Komunikatif, Kompetitif, dan Profesional dalam Bidang Pendidikan Bahasa Inggris pada Tahun 2030.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dan performa dalam berbahasa Inggris.
  2. Menyelenggarakan penelitian, seminar, pelatihan, dan lokakarya dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
  3. Menyiapkan tenaga pendidik yang profesional, berkemampuan tinggi, bermutu, berwawasan luas, dan kritis dalam menghadapi perkembangan dunia pendidikan.
  4. Mengembangkan jejaring (networking) dalam bentuk kerjasama atau kemitraan dalam penyelenggaraan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara lokal, nasional, dan internasional.
  1. Tercapainya penyelengaraan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dan performa dalam berbahasa Inggris.
  2. Menghasilkan penelitian, seminar, pelatihan, dan lokakarya dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
  3. Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional, berkemampuan tinggi, bermutu, berwawasan luas, dan kritis dalam menghadapi perkembangan dunia pendidikan.
  4. Terlaksananya penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan mengembangkan jejaring (networking) dalam bentuk kerjasama atau kemitraan dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris secara lokal, nasional, dan internasional.

Profil Lulusan Program Studi dan Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (mengacu pada bidang pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi lulusan dan membedakannya dengan program studi lain pada jenjang yang bersesuaian)
PS pendidikan Bahasa Inggris UNIHAZ akan memberikan sumbangan yang signifikan bagi perkembangan pengajaran Bahasa Inggris dan lebih luas sumbangan bagi pembangunan dunia pendidikan baik pada lingkup lokal daerah maupun nasional. Sumbangan-sumbangan itu yaitu berupa menghasilkan lulusan yang akan berprofesi antara lain sebagai:

  1. Menjadi guru Bahasa Inggris baik di tingkat Usia Dini, SD, SMP, maupun SMA, untuk kebutuhan lokal, regional, maupun nasional serta global, mengaplikasikan teori kebahasaan (linguistik) Bahasa Inggris untuk mendukung profesi keguruannya.
  2. Menjadi penerjemah, dengan kemampuan yang baik menerjemahkan teks wacana dan percakapan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  3. Menjadi pemandu wisata, untuk profesi ini lulusan PS Pendidikan Bahasa Inggris UNIHAZ harus memiliki kemampuan yang baik pada skill speaking dengan nilai minimal B dan dengan tambahan kepribadian yang baik dan wawasan yang luas pada bidang kepariwisataan.
  4. Menjadi wirausaha dalam bidang kependidikan Bahasa Inggris.

Pengajar terdiri dari dosen tetap Yayasan, Negeri, dosen tamu dan praktisi yaitu hakim, jaksa dan advokat, alumni dari berbagai perguruan tinggi dalam dan Luar Negari. Jumlah Dosen tetap 8 orang yang rata-rata sudah berpendidikan S2 dan 1 diantaranya sedang studi lanjut S3.

Beberapa fasilitas antara lain ruang kuliah ber-LCD, AC, laboratorium bahasa, laboratorium micro teaching, perpustakaan. Fasilitas-fasilitas yang bersifat penunjang tersebut meliputi ruang auditorium, apotik, wifi, hall kampus, masjid kampus,  dan ruang olah raga terbuka.