Profile Program Studi

Gelar & Strata

S.E. (Sarjana Ekonomi). – Sarjana (S1)

SK & Sertifikat Akreditasi

SK Akreditasi (BAN-PT)

Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)

PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN

Program studi Ekonomi Pembangunan hadir untuk memenuhi tantangan globalisasi dengan mengombinasikan brainware (dosen berpengalaman baik dalam maupun luar negeri, serta praktisi), hardware (fasilitas perkuliahan modern pada lokasi yang representatif), software (kurikulum yang terbarukan dan aplikatif), dan networking (silaturahmi dengan lembaga pemerintah).  Lulusan program studi bergelar Sarjana Ekonomi (S.E.).

Menjadi Program Studi yang Semarak, Religius, dan Unggul dalam Penguasaan Ilmu Ekonomi Pembangunan serta memiliki daya saing tinggi di tingkat Regional maupun Nasional pada tahun 2027.

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran yang berkualitas dalam bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan sesuai dengan tuntutan globalisasi yang berlandaskan iman dan IPTEK.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif di bidang Ilmu Ekonomi Ekonomi Pembangunan terutama bagi pengembangan ekonomi daerah berbasis sumber daya lokal.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka implementasi ilmu dan peran aktif bagi pembangunan ekonomi daerah.
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas/kepribadian tinggi yang bersumber pada Ekonomi Pembangunan yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki disiplin kerja yang tinggi serta mampu bersaing di pasar kerja.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan ilmu Ekonomi Pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan regional dan nasional.
  1. Menghasilkan Sarjana Ekonomi Pembangunan yang berkepribadian serta berkesadaran bernegara dan bermasyarakat sesuai Pancasila.
  2. Mampu menguasai dasar-dasar metodologi ilmu sehingga mampu mengembangkan bidang Ekonomi Pembangunan.
  3. Mampu merencanakan, merumuskan, dan menjelaskan cara penyelesaian masalah ekonomi pembangunan secara mikro maupun makro ekonomi.
  4. Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan di bidang Ekonomi Pembangunan.
  5. Mampu mengikuti perkembangan ekonomi, terutama di bidang Ekonomi Pembangunan.
  6. Dapat melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan hasil penelitian, tanggap terhadap masalah-masalah ekonomi dan sosial masyarakat.

Program Studi Ekonomi Pembangunan UNIHAZ menghasilkan lulusan yang ahli di bidang:

  1. Perencanaan Pembangunan Ekonomi.
  2. Ekonomi Regional.
  3. Ekonomi Sumber Daya.
  4. Ekonomi Sektor Publik.
  5. Ekonomi Moneter.
  6. Ekonomi Internasional.

Pengajar terdiri dari dosen tetap Yayasan, Negeri, dosen tamu dan praktisi yaitu hakim, jaksa dan advokat, alumni dari berbagai perguruan tinggi dalam dan Luar Negari. Jumlah Dosen tetap 6 orang yang rata-rata sudah berpendidikan S2, 2 berpendidikan doktor.

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas sepert ruang kuliah ber-LCD dan berfasilitas audio visual, perpustakaan, masjid, koperasi, kantin, ruang parkir, lapangan olahraga, apotek, dan area wifi. Selain itu juga tersedia laboratorium serta pojok bursa. Laboratorium sebagai tempat mahasiswa untuk praktek pengolahan data, dilengkapi 30 unit komputer, AC, dan LCD. Di pojok bursa, mahasiswa dapat melakukan transaksi di pasar modal, serta mendapatkan data-data keuangan untuk penelitian.