Kontribusi Sosial dengan Landasan Nilai Kehazairinan

Universitas Prof. Dr. HAzairin, SH mendorong seluruh sivitas akademika untuk terus aktif dalam memberikan kontribusi dan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat melalui berbagai program sosial berkolaborasi dengan kelompok maupun individu, yang dilandasi dengan nilai-nilai kehazairinan dan kebangsaan.

Melatih kepekaan sosial dan praktik keilmuan melalui Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA)

Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNIHAZ dan menjadi bagian dari desain kurikulum pendidikan di Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH . Program ini dilaksanakan dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu yang menjadi daerah mitra/binaan UNIHAZ.

Pelaksanaan kegiatan KUKERTA berlangsung kurang lebih selama 40 hari dimana mahasiswa akan diterjunkan secara berkelompok (lintas program studi) ke wilayah setingkat dusun/desa untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat. Kegiatan KUKERTA ini juga menjadi media untuk hilirisasi program atau produk penelitian dan inovasi yang dihasilkan oleh UNIHAZ dan diupayakan untuk dapat diterapkan langsung di dalam kehidupan masyarakat untuk memberikan dampak kemanfaatan yang luas.

Informasi selengkapnya dapat diakses pada situs web LPPM UNIHAZ melalui tautan yang tersedia di bawah ini.

lppm-unihaz.ac.id  

Pengabdian berkelanjutan untuk menebar manfaat bagi masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIHAZ setiap tahunnya memiliki berbagai program pengembangan pengabdian masyarakat yang melibatkan dan dapat diikuti oleh semua dosen, mahasiswa, pustakawan, laboran serta masyarakat umum secara nasional. Diantara program pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut adalah menyediakan dana hibah kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat untuk pemangku kepentingan di internal UNIHAZ baik dosen yang berkolaborasi dengan mahasiswa maupun pustakawan dan laboran.

Sebagai acuan dan panduan dalam merancang proposal pengabdian masyarakat, disusunlah Renstra Pengabdian Masyarakat 2020-2024 serta Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang terbaru 2018 untuk menjadi acuan pengembangan berbagai kegiatan.

UNIHAZ terus aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan workshop pengembangan dan penguatan desa mandiri, pengembangan perluasan, penguatan dan pemberdayaan potensi desa mitra pengabdian masyarakat, dan masih banyak lagi. Semangat ini terus diperkuat demi mewujudkan kontribusi UNIHAZ terhadap pengembangan masyarakat.