Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

Sebagai komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH terus mendorong penelitian yang difasilitasi dengan berbagai laboratorium dan pusat studi. UNIHAZ juga membangun berbagai kolaborasi pengajaran dengan para akademisi dari institusi mitra untuk menghadirkan kualitas pendidikan yang semakin unggul.

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) adalah Lembaga Institusi dari Lembaga Perguruan Tinggi Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH. (UNIHAZ) memiliki tugas dan fungsi secara umum untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan setiap fakultas dan program studi (prodi) pada lingkup UNIHAZ. Serta terus menerus mendorong peningkatan hasil akreditasi setiap fakultas dan prodi tersebut.

LPM senantiasa berorientasi pada upaya transparansi dan standarisasi sistem penjaminan mutu pendidikan, sesuai kebijakan dan strategi Universitas untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik (dosen) dan peserta didik (mahasiswa). Untuk menjalankan peran tersebut LPM dapat bekerja sama dengan pihak terkait, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, instansi Pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan.

Dalam struktur organisasinya, LPM UNIHAZ merupakan organ yang berada langsung di bawah Rektor, dan merupakan perpanjangan tangan dari Rektor terkait tugasnya dalam penjaminan mutu pendidikan di institusi yang dipimpinnya.

Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui situs web Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melalui tombol tautan di bawah ini.

lppm-unihaz.ac.id  

SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI)

Penelitian di perguruan tinggi harus memiliki kedekatan dengan dunia industri serta mempunyai kontribusi yang nyata untuk menyelesaikan masalah di masyarakat dan negara. Untuk itu, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH menyusun Rencana Strategis Penelitian sebagai acuan untuk pengembangan penelitian yang sesuai dengan visi dan misi Unihaz, sekaligus sebagai pengarah pengembangan keunggulan Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH.

Rencana Strategis Penelitian UNIHAZ 2020-2024 memiliki tema pokok “Peningkatan Kehidupan Masyarakat Madani dan Lestari”. Tema pokok ini kemudian diuraikan ke dalam 7 (tujuh) bidang unggulan penelitian, yaitu:

  1. Pengembangan model peningkatan kualitas hidup Islami;
  2. Sistem penyelenggaraan negara anti kejahatan kemanusiaan berbasis keadilan;
  3. Pengembangan industri ekonomi kreatif berbasis wirausaha dan etika berdaya saing global;
  4. Pengembangan permukimam yang cerdas, lestari, dan tanggap bencana;
  5. Pengembangan virtual environment (VE) untuk pendidikan, pemerintahan, dan bisnis;
  6. Pengembangan teknologi kesehatan untuk pencegahan, diagnostik, dan terapeutik; serta
  7. Pengembangan minyak atsiri dan fitofarmaka untuk peningkatan kesehatan.
Renstra Penelitian Unihaz