JS Awetive - шаблон joomla Joomla

Menteri Desa PDTT Kunjungi Stand Produk Unggulan Mahasiswa Kukerta Unihaz

UNIHAZ BENGKULU - Mahasiswa Kukerta Unihaz Tampilkan produk unggulan dalam acara Pameran produk unggulan sekaligus memperingati upacara HUT RI ke 73 di Desa Peninjauan II, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma yang dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Eko Putro Sandjojo, Jumat 17 Agustus 2018. Acara Tersebut diikuti oleh masyarakat, instansi pemerintah dan para kepala desa.

Produk unggulan yang ditampilkan oleh mahasiswa kukerta diantaranya produk olahan seperti makanan, minuman dan rumah tangga seperti jahe instan, kacang telor, keripik singkong, keripik pisang, kerupuk pisang dll. Dalam acara pameran ini mahasiswa Kukerta Unihaz dari Desa Riak Siabum mendapat juara 1 dengan produk steak daun kelor, juara 2 Mahasiswa Kukerta Unihaz Desa Bukit Peninjau Satu dengan produk Jelly Tomat, juara 3 Mahasiswa Kukerta Unihaz dari Desa Sido Luhur dengan produk steak sayur dan nominasi Desa stand terbaik yaitu Mahasiswa Kukerta Unihaz dari Desa Bukit Peninjau Dua dengan kategori produk terbanyak.

Kukerta Unihaz memiliki Proyek Unggulan salah satunya "Program Pengelolaan Potensi Desa" dimana Mahasiswa didorong untuk berinovasi dengan memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki desa-desa dimana mereka melakukan pengabdian, terlebih dahulu warga diberikan penyuluhan dan pendampingan bagaimana cara mengolah potensi-potensi yang dimiliki daerah agar lebih bermanfaat sehingga menjadi tambahan pemasukan secara ekonominya. Pendampingan ini mulai dari pengolahan bahan mentah hingga menjadi bahan olahan yang menarik dan bervariasi. Dengan harapan produk dapat bersaing dengan produk lain yang ada di pasar, baik dari aspek kualitas olahan dan harga yang lebih ekonomis. Serta untuk menambah daya tarik konsumen, warga diajarkan bagai mana membuat dan mendesain label produk atau kemasan yang baik.

Ketua LPPM Unihaz Dr. Dodo Sutardi, M.Pd. menjelaskan, Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) merupakan salah satu kegiatan lapangan bagi mahasiswa program S-1. Melalui kukerta, diharapkan mahasiswa dapat memberikan sumbangan bagi penyelesaian persoalan yang ada di masyarakat. Terjun langsung kemasyarakat, dan bekerja sama dengan masyarakat akan banyak hal yang baru ditemui mahasiswa, mahasiswa akan belajar kepada masyarakat dan sebaliknya. Interaksi seperti itulah yang diharapkan akan muncul, maka program Kukerta akan menjadi program yang menyenangkan dan mempunyai manfaat yang signifikan bagi mahasiswa, universitas, masyrakat dan stakeholders atau mitra. Dengan demikian, kegiatan Kukerta menjadi bentuk nyata kontribusi universitas bagi masyarakat, pemerintah daerah dan kelompok masyarakat yang ingin mandiri secara sosial dan ekonomi. Untuk itu, pelaksanaan Kukerta menuntut mahasiswa, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan masyarakat berperan aktif dalam mengetahui permasalahan yang ada.

Contact us

Universitas Prof. DR. Hazairin SH.
Kampus I
Jalan Jendral Ahmad Yani No 1 Bengkulu - 38115
Telp/Faks. 0736 20956

Kampus II
Jalan Jendral Sudirman No 185 Bengkulu - 38117
Telp. 0736 344918, Faks. 0736 20956

JoomShaper