Implementasi "Kampus Merdeka" Unihaz Buka Prodi S1 Informatika

UNIHAZ BENGKULU - Dalam rangka peningkatan kapasitas layanan pendidikan dan merespon kebutuhan masyarakat dan tantangan dunia industri di masa depan. Lebih jauh, upaya tersebut sebagai implementasi strategi kampus masa depan, dalam mendukung Kampus Merdeka, mulai tahun ajaran 2020/2021 Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH (Unihaz) membuka Program Studi (Prodi) baru untuk mahasiswa baru tahun 2020. Prodi baru yang dibuka adalah S1 Informatika di Fakultas Teknik (FT).

Rektor Unihaz Dr. Ir. Yulfiperius., M.Si. dan Prof. Dr. Slamet Widodo, MS, MM Kepala LLDIKTI Wilayah 2 dalam acara serah terima SK Pendirian Prodi S1 Informatika Unihaz

Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si, selaku Rektor Unihaz mengatakan peluncuran prodi baru tersebut merupakan bagian dari pengembangan kurikulum untuk menjawab berbagai tantangan baru khususnya menyambut dan mendukung program pemerintah melalui “Kampus Merdeka”. "Prodi S1 Informatika ini dibuka karena kami ingin menyiapakn calon engineering di bidang IT/IS, untuk mendukung berbagai kebutuhan dunia kerja, industri lokal/nasional dan global di Era Revolusi Industri 4.0 dan menjelang 5.0" ucap Yulfiperius. Prodi S1 Informatika telah mendapat izin resmi dengan dikeluarkan surat keputusan Mendikbud pertanggal 31 Januari 2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Informatika Program Sarjana Nomor 126/M/2020. Mahasiswa yang kuliah di S1 Informatika akan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) ditempuh selama empat tahun.

Narlis Nasir, ST., MT., selaku Dekan Fakultas Teknik Unihaz menambahkan, program studi S1 Informatika baru tersebut telah sejalan dengan kebijakan pemerintah. Dengan adanya prodi ini, diharapkan para mahasiswa bisa membuat inovasi baru yang bermanfaat untuk masyarakat.

Profile Lulusan S1 Informatika Fakultas Teknik Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH :

  1. Software Engineer
    Seorang profesional pengembang perangkat lunak (Web Application, Mobile Application, dan Game Application, dll)
  2. Data Scientist
    Seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan sejumlah besar data dengan tujuan membantu bisnis dan organisasi dalam pengambilan keputusa.
  3. System Analyst
    Profesional yang memberikan solusi penyelesaian masalah bisnis untuk mendukung dan tercapaian bisnis dan organisasi.
  4. Database Specialist
    Profesional yang merancang, memprogram, mengamankan, memelihara, dan mengintegrasikan dan memastikan sistem berjalan efisien serta meningkatkan kinerja sistem basisdata untuk kebutuhan binis dan organisasi.
  5. Network Engineer
    Profesional yang merancang, mengembangkan, serta mengelola dan memelihara sistem jaringan komputer untuk kebutuhan bisnis dan organisasi.

 

Kampus I
Jl. Jendral Ahmad Yani No 1 Bengkulu - 38115
Telp. (0736) 20956


Kampus II
Jl. Jendral Sudirman No 185 Bengkulu - 38117
Telp. (0736) 344918