JS Awetive - шаблон joomla Joomla

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)

A. Profile

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) adalah Lembaga Institusi dari Lembaga Perguruan Tinggi Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH. (UNIHAZ) memiliki tugas dan fungsi secara umum untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan setiap fakultas dan program studi (prodi) pada lingkup UNIHAZ. Serta terus menerus mendorong peningkatan hasil akreditasi setiap fakultas dan prodi tersebut.

LPM senantiasa berorientasi pada upaya transparansi dan standarisasi sistem penjaminan mutu pendidikan, sesuai kebijakan dan strategi Universitas untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik (dosen) dan peserta didik (mahasiswa). Untuk menjalankan peran tersebut LPM dapat bekerja sama dengan pihak terkait, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, instansi Pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan.

Dalam struktur organisasinya, LPM UNIHAZ merupakan organ yang berada langsung di bawah Rektor, dan merupakan perpanjangan tangan dari rektor terkait tugasnya dalam penjaminan mutu pendidikan di institusi yang dipimpinnya.

B. Visi dan Misi

1. Visi 

"Sebagai Lembaga Penjaminan Mutu mengawasi penyelenggaraan akademik dan non akademik yang konsisten dan berkelanjutan, sehingga pengguna (user) memperoleh kepuasan terhadap pelayanan, baik bidang akademik maupun non akademik"

2. Misi

  • a. Meningkatkan komitmen dan sikap mental sivitas akademika UNIHAZ yang berorientasi pada budaya mutu (quality culture).
  • b. Meningkatkan perencanaan dan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Akademik yang terpadu, baik internal maupun eksternal.
  • c. Meningkatkan kelengkapan dan peralatan yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Akademik, baik untuk akreditasi maupun untuk pembukaan prodi baru.
  • d. Meningkatkan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Akademik secara periodik.

C. Tugas Pokok LPM

  • Merencanakan, menyusun dan merumuskan Pedoman dan kebijakan Lembaga Penjaminan Mutu berdasarkan standarisasi yang diinginkan Universitas.
  • Melaksanakan penilaian akademik dan non akademik terhadap setiap unit dilingkungan Universitas berdasarkan standarisasi yang sudah ditetapkan.
  • Melaksanakan evaluasi dan monitoring audit pembelajaran dan mereviu borang akreditasi.

D. Sasaran Mutu LPM

Sasaran mutu yaitu untuk meningkatkan kinerja atau proses manajemen, yang ditetapkan pada setiap bidang yang relevan, dan disyahkan oleh Ketua LPM secara terdokumentasi.
Sasaran Mutu ditetapkan pada setiap fungsi, tingkatan dan proses yang relevan pada organisasi LPM.
Pemantauan dan pengukuran dilaksanakan terhadap setiap tahapan aktivitas yang direncanakan dalam program pencapaian sasaran Mutu. Setiap ketidaksesuaian dari penetapan sasaran mutu, dari hasil evaluasi data pemantauan dan pengukuran, dapat diusulkan tindakan koreksi dan pencegahan terhadap penetapan indikator kinerja kunci LPM, dan terhadap tujuan Mutu yang telah dijalankan. LPM akan memelihara informasi terdokumentasi pada sasaran mutu.

E. Kebijakan Mutu LPM

Kebijakan Mutu yaitu kebijakan terdokumentasi yang ditetapkan oleh Ketua LPM dan disosialisasikan kepada seluruh karyawan.
Kebijakan Mutu ditetapkan untuk mewujudkan komitmen secara terdokumentasi. Kebijakan Mutu dikembangkan dan ditinjau sesuai dengan maksud dan arah organisasi serta komitmen untuk memenuhi persyaratan dari pelanggan, meningkatkan efektivitas Sistem Mutu sesuai prinsip perbaikan sistem manajemen mutu secara berkesinambungan.

F. Struktur Organisasi LPM

 

Contact us

Universitas Prof. DR. Hazairin SH.
Kampus I
Jalan Jendral Ahmad Yani No 1 Bengkulu - 38115
Telp/Faks. 0736 20956

Kampus II
Jalan Jendral Sudirman No 185 Bengkulu - 38117
Telp. 0736 344918, Faks. 0736 20956

JoomShaper